Maraton 08 – Hanin

Week end!!

            Wah! Pasti kalian senang banget kan kalo misalnya besok itu weekend!! Sama sih, aku juga seneng, apalagi aku selesai PTS. (Penilaian Tengah Semester). Tambah puas dong.

Nah kebetulan nih aku dan Umi Ayah berencana ke EGESKOV CASTLE di weekend pertama kami di Denmark. Egeskof Castle katanya istana yang terbaik dan terindah  di Eropa, serta salah satu UNESCO Heritage. EGESKOV CASTLE berada di kota kværndrup. Kota kværndrup ini seperti kota petani gandum, karena makanan sehari-hari mereka itu roti jadi disana petaninya menanam gandum. Dimana-mana banyak kebun gandum.Di sana juga banyak hewan ternak. Masak aku pernah liat di halaman rumah warga ada kuda gitu, 2 eoor lagi, ditambat di pagar dekat jalan, lucu banget deh! Kudanya mau lagi di ajak ngomong.

EGESKOV CASTLE dari Odense kurang lebih 1,5 jam. Mula-mula lalu naik bis. Ketika kami dari stasiun naik bus, ternyara kita kelewatan turunya!! Ada turis-turis lain juga naik bus. Ada orang China dan 2 orang yang ga tau dari negara apa,b mereka juga pingin ke EGESKOV CASTLE dan mereka sama-sama kelewatan halte bus!.

Masalahnya, jadwal bis arah sebaliknya masih 2 jam lagi dan jarak ke terminal bus sebelumnya itu jaauuuuuuh banget. Sekitar 3,5 km. Akhirnya kita turun di terminal berikutnya, tapi kita jadi harus jalaaaaaaaaaaan jauh banget. Tidak panas sih anginnnya tapi mataharinya terik banget karena waktu itu langitnya lagi kosong banget! Ga ada awannya sama sekalu, indah bangeet.

Walau cape berjalan sekitar 1 jam, tapi ketika sampai di EGESKOV CASTLE Wow, capeknya langsung terbayar deh!. Indah. Ada tempat bermain anak dan aku puas mencoba semua permainan, trampolin raksasa, panjat tali yang tinggi dll. Oya ada maze terbesar di dunia lho, aku lumayan susah menemukan jalan keluar. Tapi ada yang bikin umiku kesal, tau ga apa? Karena di sana harga air bening itu 60.000 kalau dirupiahkan!! botol biasa sedang gakgede lho! Udah gitu umiku malah ga sengaja numpahiin setengah. Beda dengan taman bermain di Jepang atau Turki, disini tidak disediakan keran air minum gratis. Padahal harga air mahal..

Ini foto di depan Egeskof Castle. Sebenarnya dikelilingi danau tapi foto yang ada danaunya tidak aku share disini.


Marathon-08 Farih

Mendoan Banyumas

Assalamualaikum teman teman! Hari ini aku ingin menceritakan tentang pengalamanku membuat mendoan dari Banyumas. Mendoan adalah jajanan tradisional dari Jawa tengah
Dia terbuat dari tempe yang berukuran lebih lebar dari tempe biasa. tempe khusus mendoan. tempe mendoan di goreng tidak sampai kering
Atau disebut mendo

Bahan bahan nya adalah : tepung terigu, ketumbar, garam, daun bawang tempe dan air


Cara membuat

pertama siapkan daun bawang ke lalu iris iris

lalu campurkan semua bahan dan beri air secukupnya aduk hingga rata .

masukkan tempe ke dalam adonan. goreng setengah matang
Bagaimana rasanya? rasanya enak. santap dengan kecap yang diirisi cabe, tapi karena aku tidak suka pedas. Jadi aku makan mendoan dengan kecap saja.

selamat mencoba


enak
bagaimana cara makan nya? cara makannya dicelupkan ke kecap yang diirisi cabe. Tapi aku tidak suka pedas jadi mendoan aku makan dengan kecap saja.

marathon-08 Aqil

Menunaikan Amanah

Aku dan keluargaku bersiap pergi ke Gunung Kidul. Kami pergi ke daerah yang sedang kekeringan.  Amanah dari kakek dan nenek akan kami tunaikan . wakaf sumur.  Aku teringat perkataan nenek,

“ Kakek dan nenek tidak tergoda membeli hal yang tidak penting selama 14 setengah tahun.dan sekarang uangnya sudah bisa untuk membiayai sebuah sumur di pulau jawa.” Kata kata nenek kembali memenuhi pkiranku.

Ayah bergabung dengan program yang menyumbangkan Air untuk bencana kekeringan di gunung kidul.aku pergi ke wonosari, sebuah desa di gunung kidul yang saat ini sedang dilanda oleh kekeringan.

Aku pun sampai di tempat tujuan.Ketika Ayah turun,ayah langsung mencari penduduk setempat.Ayah dan ibuku sedang mengobrol dengan penduduk setempat.Sepertinya Ada anak kecil yang berlari kearahku.Dia meperkenalkan dirinya “hai,namaku Afra.Kamu pasti bukan penduduk sini ya?” “wah iya.Haha.Benar, aku bukan penduduk disini.Aku datang dari Yogyakarta.namaku Aqil.” .sesaat kemudian aku sudah terlihat akrab dengan Afra.Meskipun aku baru saja berkenalan dengannya, ternyata dia sangat sopan dan ramah.Ayah menyuruhku mendekatinya.”Sebentarya?aku mau ke ayah dulu”kataku sambil berlari menuju kearah ayah.Ayah berbisik padaku.”siapa sih dia?temanmu ya?”bisik Ayah.Aku juga menjawab sambil berbisik “iya”jawabku santai.”Ya sudah ,lanjutkan bermainya sana”kata ayah

Aku kembali bermain dengan teman baruku. Allah memberikanku teman langung begitu aku baru sampai disini. Allah memang baik.

Marathon-08-Bella

20191208_205145_0000.png

Ini jalan-jalan soreku

Aku Dan semua anggota keluargaku pergi ke taman ini. Taman ini namanya Taman Paseban, letaknya tepat di tengah kota, yaitu di Alun-alun. Setelah direnovasi, taman ini menjadi lebih menarik. Ada air mancur Dan beberapa pojok edukasi.

Warna-warni cat di taman ini, membuatku jadi senang bermain disini. Ada jembatan layang juga, tapi kecil sih. Ada robot dari botol. Apalagi ya, Aku lupa.

Terakhir aku kesini, bulan Februari yang lalu. Taman ini menjadi lebih menarik lagi lho.

Kalau singgah di kota ini, jangan lupa mampir ya.

Ini cerita jalan soreku

komedi putar dan yonggu

1ff6590c-4331-4ea0-aa30-0ed2d6c056cb

yonggu adalah seorang laki-laki yang berusia 59 tahun. dia ingin sekali membuatkan komedi putar  untuk anak-anak yatim piatu yang sangat sedih karena ingin bertemu ayah dan ibunya. dan yonggu ingin mereka senang karena bisa naik komedi putar dan yonggu ikut senang. 20 tahun kemudian yonggu telah meninggal dan anak-anak yatim piatu meneruskan cita-cita yonggu yaitu membuat komedi putar. mereka sudah sukses dan mereka membuat komedi putar terbesar didunia.

 

 

Marthon 01-Weni

Meong meong … semua kucing siap bermain (kreasi kucing haikal dan aura)

FB_IMG_1575805535318.jpg

Ada cerita dibalik kreasi Aura yang kedua.

Disaat perselisihan terjadi, antara kakak dan adek,

K : adek itu mau buat apa sih?
A : diam saja
K : ditanya diam saja, bilang dan ngomong dong (mulai memerah dan meninggi suara sang kakak).
B : sebentar mas, sabar ya nanti juga ditunjukan adek. (berusaha melerai dengan lembut)
K : tapi khan, harusnya bisa jelaskan dulu bla bla baru bikin sesuatu (bahasa penegasan kakak)
K : adek itu bukan arsitek, kalo arsitek itu harus bisa menjelaskan (timpal kembali sang kakak)

B : bunda mau bicara akhirnya mengkem kembali.
K : akhirnya kakak pergi meninggalkan sang adek kedapur.
A : adek langsung ambil lem tembak, dan taraaaa jadilah kreasi sang adek.
B : membawa hasil kreasi adek, dan memperlihatkan ke kakak, ini loh mas adek mau buat ini.
K : memegang dan tersenyum akhirnya.

Sang kakak type anak yang perencana didepan, dan adek type action saja.

Dan kreasi kedua tampak dibawah, kreasi Aura yang bikin kakak senewen.

FB_IMG_1575805538448

Berdiri seimbang itu bukan sesuatu yang mudah, tapi tetap layak diikhtiarkan. Berbesar hatilah untuk memaafkan dan menerima segala gejolak rasa didalam diri anak. Karena proses belajar itu bukan hanya untuk anak, kami pun sebagai orangtua juga belajar dan bertumbuh bersama dengan mereka.

#kreasiA #imajinasiA #10Agustus2019 #bondingKakakAdek #kamibelajar